NEWS UPDATE :  

Berita

Bimbingan Teknis Projek Penguatan Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Sub Tema Ecoprint




Pada hari Kamis, tanggal 12 Januari 2023, Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 1 Temanggung mengikuti Bimbingan Teknis Projek Penguatan Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Sub Tema Ecoprint.

Ecoprint berasal dari kata eco atau ekosistem yang berarti lingkungan hayati atau alam dan print artinya cetak. Sistem dengan menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya, mirip seperti proses pembuatan batik, maka sering juga disebut batik ecoprint. Namun, motif yang dihasilkan oleh sistem ecoprint ini lebih kontemporer dibandingkan batik yang digambar ataupun dicetak dengan motif batik yang klasik. Pembuatan ecoprint ini tidak menggunakan alat seperti canting (alat seperti pena untuk membatik) dan bahan malam, namun menggunakan bahan yang terdapat di alam sekitar, seperti aneka dedaunan yang menghasilkan warna alami.

Proses pembuatan ecoprint dengan ecoprinting terbagi menjadi beberapa tahap, mulai penyiapan alat dan bahan, perlakuan pada kain yang akan diberi gambar, perlakuan pada dedaunan yang akan dijadikan pola dan pemberi warna, pengukusan kain sampai penjemuran. Pada tahap persiapan, dikumpulkan berbagai bahan, antara lain: (1) kain dengan serat alami seperti katun, sutera, atau kanvas; (2) plastik untuk membungkus; (3) daun-daunan; (4) campuran air tawas; (5) larutan cuka (cuka biang 70%); (6) pipa PVC 1,5 inchi sepanjang 1 m; (7) tali jenis plastik; dan (8) panci untuk mengukus.

Langkah selanjutnya adalah merendam kain dengan air tawas selama 1 (satu) hari untuk membuang lilin yang terkandung pada kain, dan untuk mengawetkan pewarna dari bahan yang dihasilkan. Kemudian rendam daun dalam larutan cuka agar zat warna daun keluar secara maksimal. Bentangkan kain yang sudah direndam di atas alas lalu tempelkan daun-daunan sesuai dengan keinginan. Setelah itu gulung kain tersebut dengan pipa paralon lalu ikat dengan tali. Langkah berikutnya adalah mengukus kain tersebut selama 2 jam. Setelah selesai proses pengukusan, angkat, dan bentangkan kembali kain, lepaskan daun secara perlahan, dan yang terakhir jemur kain ecoprint hingga kering.

PPDB SMPN 1 Temanggung TP 2022/2023
Video Petunjuk Simulasi Pembelajaran Tatap Muka